Jumat, 26 April 2019

Tahap-Tahap Pendaftaran Merek, Penting Bagi Pebisnis



Pendaftaran merek sangat penting untuk dilakukan. Jika bisnis anda semakin berkembang pesat, ada peluang besar merek bisnis anda akan ditiru orang lain. Oleh sebab itu melindungi brand atau merek sangat penting untuk dilakukan.

Berikut ini adalah tahap-tahap yang harus anda lakukan untuk mendaftarkan merek dagang :

1.     Penelusuran merek

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah menelusuri merek yang akan anda gunakan. Apakah merek tersebut sudah digunakan orang lain atau belum. Jika sudah dimiliki oleh orang lain maka merek anda tidak diterima oleh Dirjen HAKI. Untuk menelusuri merek anda bisa mencari melalui google.

2.     Membuat persyaratan pengajuan permohonan

Jika anda sudah memiliki merek dagang yang tidak dimiliki orang lain, maka langkah selanjutnya siapkan syarat untuk pendaftaran merek dagang. Adapun syarat-syarat yang harus dimiliki adalah :

-          Isi biodata dengan mengisi nama lengkap, alamat tempat tinggal dan kewarganegaraan.

-          Memiliki bukti dengan jumlah 30 contoh merek dengan ukuran 9 x 9 cm dan minimal berukuran 2 x 2 cm.

-          Mempersiapkan list barang atau jasa yang akan diberi merek

-          Menyiapkan surat pernyataan kepemilikan bisnis dari pemohon

-          Menyiapkan surat kuasa jika menggunakan jasa orang lain.

-          fotokopi KTP pemohon

-          Fotokopi NPWP

3.     Prosedur mendaftarkan merek

Untuk pendaftaran merek anda bisa melalui dua cara, pertama mengajukan merek oleh pemohon secara langsung. Dan yang kedua adalah dengan mengajukan ke Ditjen HKI. Isi formulir pendaftaran dan siapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Kemudian Ditjen HKI memeriksa pendaftaran, maka sertifikat merek segera terbit.

4.     Pemeriksaan formalitas dan pemeriksaan substantif

Pemeriksaan syarat-syarat kelengkapan merek akan diperiksa. Pastikan syarat-syarat yang diajukan ke Ditjen HKI lengkap. Jika ada yang kurang lengkap maka pihak Ditjen HKI akan meminta kelengkapannya. Dalam jangka waktu 2 bulan anda harus segera melengkapinya. Adapun pemeriksaan substantif adalah pemeriksaan dalam jangka waktu satu bulan sejak penerimaan permohonan merek.

5.     Pengajuan keberatan

Jika merek sudah disetujui maka akan diumumkan dalam sebuah berita resmi. Pengumuman ini akan dilangsungkan selama tiga bulan. Tahap pendaftaran merek selanjutnya adalah pengajuan keberatan jika pemohon memiliki keberatan. Pemohon bisa mengajukan keberatan kepada Ditjen Haki secara tertulis.

6.     Memeriksa kembali

Setelah pemohon mendaftarkan merek namun ada yang keberatan maka Ditjen HKI akan memakai keberatan untuk mengadakan pemeriksaan ulang. Pemeriksaan ini akan berlangsung selama 2 bulan.

Jika anda bingung dengan proses di atas, maka anda bisa menggunakan jasa Legistra. Legistra adalah konsultan yang memiliki pengalaman dalam mendirikan badan usaha dan juga mengurus perizinan di berbagai bidang usaha. Pelayanan dan komitmen Legistra cepat dan mudah, baik klien perorangan maupun perusahaan. Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran untuk merek, bisa konsultasi gratis terlebih dahulu. Untuk konsultasi bisa dilakukan selama 4 jam. Anda bisa berkonsultasi merek dagang yang bagus dan memiliki nilai dagang yang tinggi. Untuk anda ingin menggunakan Legistra maka bisa datang ke alamat Rukan Fatmawati Mas, Blok B1, No. 114 Jalan RS. Fatmawati No.20 Cilandak Barat- Cilandak, Jakarta, 12430 Indonesia. Email halo@legistra.id dengan nomor telephone 021-3970 0303. Dengan menggunakan jasa Legistra maka anda bisa menyiapkan hal lainnya yang dibutuhkan.

Selain jasa pendaftaran untuk merek, tempat ini juga melayani jasa lainnya. Seperti pendaftaran Franchise, template usaha, pendirian badan usaha, dan lain sebagainya.

Pendirian badan usaha seperti PT atau CV bisa dilakukan melalui Legistra. Apa itu PT? adalah Perseroan Terbatas yaitu badan hukum yang di dalamnya terdiri minimal 2 orang yang memiliki tanggung jawab tidak melibatkan harta pribadi. Pada PT pemegang saham tidak harus memimpin perusahaan. Pemegang saham bisa menunjuk orang lain untuk memimpin perusahaan. Untuk anda yang ingin mendirikan PT bisa menggunakan jasa Legistra dengan paket harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 8.000.000 hingga 15.000.000. Adapun CV adalah singkatan dari Commantiraire Vennootschap, merupakan jenis salah satu jenis badan usaha persekutuan yang tidak ada badan hukum. Untuk pendirian CV harus di daftarkan dengan menggunakan akta. Anda bisa menggunakan jasa Legistra dalam pembuatan CV dengan cara online. Jasa ini akan membuat akta dan dokumen yang sah yang dibutuhkan untuk pendirian CV. Ada banyak paket layanan yang bisa anda pilih. Ada paket core dengan harga Rp 5.000.000, ada paket professional dengan harga Rp 7.000.000. Dan ada juga paket Enterprise dengan harga Rp 13.000.000.

Ada juga Franchise, yaitu waralaba badan usaha atau perorangan yang memanfaatkan dan menggunakan penemuan hak atas kekayaan intelektual atau HAKI. Legistra memiliki dua layanan, ada paket Franchisor dan ada paket Franchisee. Legistra juga menyediakan jasa Fintech, yaitu sebuah inovasi dalam bidang jasa keuangan. Dengan menggunakan technology ini maka usaha akan lebih mudah dijalankan. Fintech adalah jasa keuangan yang mendapatkan izin dari otoritas jasa keuangan atau OJK. Untuk mendapatkan ijin dari OJK tidaklah mudah, dengan bantuan dari Legistra maka mendapatkan usaha Fintech akan terdaftar di OJK. Pendaftaran terpercaya dan dilakukan dengan baik.
 

Load comments