Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Sering Nyeri Kepala? Gangguan Saraf Otak Kah?

Penyakit saraf otak adalah jenis penyakit yang memiliki berbagai jenis gejala dan terkadang memberikan efek kejutan karena menyerang se...

Obat Batuk untuk Bayi yang Alami Sesuai Usianya


Batuk adalah gangguan pernapasan yang sering menghampiri siapapun, tanpa pandang bulu. Bayi dan anak-anak sangat rentan mengalaminya. Jika batuk menyerang bayi, maka obat batuk untuk bayi harus segera diberikan. Sebelum makin parah, berikan obat alami sesuai usia bayi agar ia segera sembuh dan tidak mengganggu pertumbuhannya. Inilah beberapa anjuran obat alaminya.
1.    Air Susu Ibu (ASI)
Tidak menutup kemungkinan jika batuk menyerang bayi di bawah usia 6 bulan. Justru karena kekebalan tubuhnya masih sangat lemah, beragam penyakit bisa menghampiri. Faktor bakteri dan virus bisa menyebabkan batuk. Beragam jenis batuk bisa menghampiri, seperti batuk kering atau berdahak. ASI dianjurkan sebagai obat batuk alami untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan.
ASI sangat aman dan efektif untuk menyembuhkan batuk pada bayi. ASI mengandung antibody yang mampu melawan mikroorganisme, seperti bakteri dan virus. Dengan pemberian ASI eksklusif, asupan cairan untuk bayi juga tetap terpenuhi, sehingga memberikan keseimbangan tubuh dan mencegah dehidrasi.
2.    Jeruk Nipis
Jeruk nipis sudah terkenal sebagai obat batuk alami untuk berbagai kategori usia. Obat alami ini hanya bisa dipakai untuk bayi berusia 7 bulan ke atas. Vitamin C pada jeruk nipis akan meningkatkan produksi sel darah putih.
Anda bisa membuat racikan obatnya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah yaitu dengan kukus sebentar jeruk nipis kira-kira 10 menit. Peras dan campurkan dengan madu untuk membantu memberikan rasa manis dan melegakan tenggorokan. Madu juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.
3.    Lemon
Lemon juga berkhasiat menyembuhkan batuk dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Sistem kekebalan tubuh bayi akan meningkat dan batuk bisa segera sembuh. Zat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang terkandung dalam lemon juga mampu mengurangi gejala radang penyebab batuk. Produksi lendir di hidung juga berkurang.
Cara pemakaiannya sama dengan jeruk nipis, yaitu air perasan lemon dicampurkan dengan madu dan air mendidih. Obat batuk untuk bayi ini dianjurkan untuk bayi yang berusia 1 tahun ke atas, mengingat rasa asam dari lemon yang kuat.
4.    Madu
Madu sangat berkhasiat melawan bakteri dan virus penyebab batuk. Daya tahan tubuh akan meningkat dan mempercepat penyembuhan batuk pada bayi. Anda bisa pilih madu alami yang mengandung antioksidan tinggi. Seduhlah madu ke dalam air mendidih dan biarkan sementara waktu sampai hangat. Berikan pada bayi yang usianya sudah 1 tahun ke atas.
5.    Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih mampu menghangatkan tubuh bayi dan melegakan tenggorokan. Minyak tradisional ini bisa dioleskan pada dada dan punggung bayi. Oleskan secukupnya saja agar bayi tidak merasa panas. Cara alami ini mulai dianjurkan untuk bayi yang berusia 5 bulan.
6.    Bawang Putih
Bawang putih adalah obat dekongestan alami, yaitu obat yang mengurangi radang serta produksi lendir berlebih. Caranya juga mudah. Irislah beberapa suing bawang putih dan letakkan di piring, kemudian letakkan di sekitar tempat tidur bayi. Kandungan sulfurnya mampu mengeluarkan lendir dari hidung dan melegakan tenggorokan. Cara alami ini berlaku untuk bayi di bawah 6 bulan.
Anda harus bersabar dalam mengatasi batuk pada bayi, mengingat bayi akan rewel dan menangis. Obat batuk untuk bayi tersebut bisa menjadi solusi ampuh. Selain tanpa efek samping, obat alami tersebut sudah disesuaikan dengan usia anak. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter tentang pengobatan alami yang aman untuk bayi, seperti yang disarankan di Orami Magazine.

0 on: "Obat Batuk untuk Bayi yang Alami Sesuai Usianya"