Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Sering Nyeri Kepala? Gangguan Saraf Otak Kah?

Penyakit saraf otak adalah jenis penyakit yang memiliki berbagai jenis gejala dan terkadang memberikan efek kejutan karena menyerang se...

Sering Nyeri Kepala? Gangguan Saraf Otak Kah?


Penyakit saraf otak adalah jenis penyakit yang memiliki berbagai jenis gejala dan terkadang memberikan efek kejutan karena menyerang secara tiba-tiba. Penyebab penyakit saraf otak yang mendatangkan serangan bisa datang dari berbagai hal. Penyakit yang telah bersarang lama pada tubuh kemudian pada akhirnya menampilkan keberadaannya dengan memberikan gejala seperti kram dan kesemutan. Setiap gejala memiliki makna tersendiri dan mengarah pada jenis penyakit yang berbeda. Alasan lain juga datang dari beberapa hal yang memicu masalah penyakit saraf atau kemunculan gejala tertentu pada bagian tubuh. Permasalahan saraf ini telah menjangikiti banyak orang. Karena bukan merupakan hal yang baru maka penyelesaian untuk masalah ini juga sudah ditata dengan baik.

Permasalahan saraf bukanlah hal yang terjadi secara tiba-tiba. Gaya hidup yang buruk, pola makan, dan situasi kerja yang mengakibatkan berbagai permasalahan kecil yang secara bertahap berkumpul dan menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh. Karena permasalahan ini telah berlangsung pada jangka waktu yang lama tubuh mulai terbiasa bekerja dengan kekurangan tersebut walupun efek buruknya perlahan akan bertumpuk hingga tidak dapat ditahan lagi oleh tubuh. Selain itu kurangnya olah raga merupakan pemicu utama permasalahan ini. Kebanyakan orang yang mengalami penyakit saraf di tubuh akan memiliki kebiasaan berolahraga yang sangat minim. Ada juga penyakit saraf yang memang sudah ada dan merupakan bagian dari permasalahan pertumbuhan, gizi atau bahkan keturunan.

Salah satu masalah paling umum yang menyebabkan permasalahan saraf adalah masalah pasokan darah. Masalah ini bisa terjadi karena penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah pada organ tertentu terganggu. Jika pasokan darah ke otak kurang akan terjadi berbagai permasalahan pertumbuhan atau bahkan penyumbatan pada otak. Ini menghasilkan kerusakan permanen yang mempengaruhi kinerja tubuh atau indera. Pada kasus lain permasalahan ini juga terjadi karena cidera berat yang mengakibatkan bagian pada pembuluh darah atau saraf menjadi rusak. Hal ini mengakibatkan penyusutan otot atau malfungsi organ tertentu yang bisa berakibat fatal.

Jenis permasalahan saraf lain bisa terjadi sejak lahir. Masalah genetik atau faktor keturunan bisa menjadi penyebab permasalahan saraf ini. Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan cacat saraf pada janin. Asap rokok, polusi dan nutrisi menjadi penyebab umum pada kekurangan pada pertumbuhan saraf janin. Selanjutnya terdapat juga masalah radiasi dan penyakit yang memberikan akibat pada pertumbuhan otak janin. Pada tingkat yang lebih jarang terjadi adalah kerusakan yang terjadi akibat keracunan baik pada makanan, sumber air atau bisa binatang yang menyerang sistem saraf dan pertumbuhan bayi.

Pada orang dewasa permasalahan seperti keracunan, cidera dan penyakit sering menjadi permasalahan yang menghasilkan kerusakan saraf. Penyakit tertentu bisa mengerogoti kesehatan saraf dan pada akhirnya merusaknya secara permanen pada pusat saraf baik di otak ataupun tulang punggung. Beberapa jenis penyakit yang memang mengakibatkan kehilangan fungsi saraf secara bertahap seperti Parkinson dan Alzheimer juga dapat ditemukan. Dari kedua jenis penyakit ini kerusakan yang disebabkan karena infeksi sering lebih mudah ditemukan dan diselesaikan karena tubuh tidak kehilangan fungsi regenerasi.

Penyebab lain yang juga cukup umum namun sering diabaikan adalah permasalahan yang muncul akibat narkotika, obat-obatan terlarang atau alkohol. Beberapa jenis obat keras yang terkadang diresepkan oleh dokter juga memberikan akibat yang sama. Kerusakan bisa terjadi karena pemakaian atau tindakan menghentikan obat secara tiba-tiba sehingga menghasilkan efek kejutan pada saraf.

Pada kasus ketika permasalahan saraf sudah ada pada tubuh dan belum bermanifestasi terdapat beberapa hal yang mendorong munculnya permasalahan saraf ini. Efek pertama yang menjadi penyebab atau pemicu adalah cidera. Penyebab ini cukup spesifik karena cidera harus terjadi pada kepala atau titik tertentu pada tubuh. Efek dari permasalahan cidera ini cukup beragam dan cenderung berhubungan dengan riwayat penyakit sebelumnya. Penyakit dan obat yang menurunkan daya tahan tubuh dapat menjadi penyebab penyakit saraf otak. Kejadian ini bisa seketika atau bisa juga perlahan seperti yang terjadi pada orang yang suka mengkonsumsi alkohol dan kekurangan vitamin B1.


0 on: "Sering Nyeri Kepala? Gangguan Saraf Otak Kah?"